Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh



Kesehatan merupakan hal yang mahal dan penting. Hal itu dirasakan pada orang-orang di masa kini yang lebih rentan terhadap penyakit. Pola makan, lingkungan hidup, dan pola hidup yang tidak benar sangat menunjang penyakit masuk ke dalam tubuh. Di samping itu biaya pengobatan menjadi sangat mahal. Nah, tentunya bagi masyarakat golongan rendah akan merasakan kesengsaraan yang bertambah. Dari sanalah muncul beberapa alternatif-alternatif herbal yang menggunakan istilah back to nature. Obat-obatan herbal selain menawarkan harga yang relatif lebih murah, maka menjadi incaran masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh adalah daun mint. Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh kita.
manfaat daun mint
Daun Mint


Sebelum mengulik tentang beberapa manfaat daun mint bagi kesehatan tubuh, lebih kita mengenal terlebih dahulu daun mint tersebut. Daun mint atau tanaman mint ini memiliki nama latin Mintha Spacata. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman herbal tertua dan sangat populer di seluruh dunia. Memang daun mint lebih dikenal oleh kalangan koki, chef, atau di dunia makanan sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan atau minuman karena memiliki aroma yang segar dan menyejukkan. Daun mint dalam makanan dan minuman biasanya dapat kita temukan dalam makanan dan minuman western atau makanan dan minuman ala ala barat. Tanaman mint ini sudah lama digunakan oleh seluruh orang di dunia, jadi kepopuleran daun mint ini tidak terkenal akhir-akhir ini saja. Rasanya yang manis dan memiliki sensasi yang menyejukkan ini menjadi sangat digemari oleh orang-orang. Menurut penelitian yang ada, daun mint yang berasal dari Asia memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dibanding daun mint yang berasal dari Eropa.


Nah, untuk selanjutnya mari kita bahas beberapa manfaat daun mint bagi kesehatan, antara lain:

  1. Daun mint dapat mengobati gangguan pernapasan - Daun mint memiliki kandungan mentol, untuk itu daun mint memiliki aroma yang segar dan menyejukkan. Nah, kandungan mentol yang ada di daun mint bisa bermanfaat untuk mengobati flu. Aroma mentol dapat membuka saluran pernapasan karena saluran hidung tersumbat karena mengandung anti-inflamasi. Tidak hanya itu, daun mint juga bermanfaat untuk melonggarkan kontraksi bronkus yang melancarkan saluran pernapasan yang tersumbat bagi penderita asma. Caranya daun mint bisa kita campurkan pada minuman teh atau minuman lainnya.
  2. Daun mint dapat atasi gangguan pencernaan - Mengkonsumsi daun mint dapat memperlancar sistem pernapasan dan meringankan kejang atau juga kram di bagian perut. Sangat cocok bagi para perempuan yang sedang mengalami kram perut di masa haid. Daun mint memiliki efek anastesia yang bisa meringankan rasa sakit perut. Bagi penderita maag, sangat dianjurkan mengkonsumsi daun mint karena aroma daun mint dan kandungannya dapat menghilangkan rasa mual dan perut kembung akibat gas yang banyak di dalam perut. 

Tidak hanya ampuh bagi penyakit-penyakit ringan, manfaat daun mint juga bisa untuk mencegah penyakit kanker. Setelah dilakukan penelitian, beberapa peneliti telah mengambil kesimpulan dari penelitiannya bahwa daun mint memiliki kandungan senyawa yang baik untuk mencegah resiko kanker usus besar dalam tubuh kita. Hal tersebut berkaitan dengan daun mint yang memang sangat baik untuk pencernaan. Kandungan vitamin C yang dimiliki daun mint berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang salah satunya berasal dari polusi dan penyebab kanker.


0 Response to "Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment